BeritaDaerah

Peringati Hari Batik Nasional Dharma Pertiwi Daerah “J” Gali Bakat Membatik

Cahayabali.com – Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional yang tepatnya jatuh pada tanggal 2 Oktober,  Dharma Pertiwi Daerah “J” melaksanakan kegiatan membatik massal dengan tajuk “ Membatik Merekatkan Kebhinnekaan Nusantara”, pada Selasa (2/10) di Aula Udayana Makodam IX/Udayana.

Kegiatan membatik ini diikuti oleh anggota Dharma Pertiwi Daerah “J” baik dari unsur Persit Kartika Chandra Kirana, Jala Sena Stri dan Via Ardya Garini. Sebelum acara membatik dimulai diawali dengan acara serimonial dipimpin oleh Ibu Ketua Dharma Pertiwi Daerah “J”  Ny Riza Benny Susianto.

Pada kesempatan tersebut Ibu Ketua Dharma Pertiwi Daerah “J”  dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan Batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi, oleh Karena itu maka setiap tanggal 2 Oktober akhirnya menjadi momen peringatan Hari Batik Nasional.

Kemudian dalam perkembangan selanjutnya terdapat berbagai macam jenis batik yang tersebar di seluruh Indonesia dengan motif yang beragam, biasanya tergantung pada ciri khas atau keyakinan daerah masing-masing sebagai kekayaan seni dan budaya nusantara.

Kekayaan seni budaya nusantara ini perlu dipertahankan, dikembangkan dan dilestarikan oleh karena itu melalui kegiatan membatik dengan canting ini diharapkan dapat mendorong para peserta untuk menggali dan mengasah bakat keterampilan membatik serta menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya luhur bangsa Indonesia.

Disamping itu kegiatan membatik dengan canting ini,  secara tidak langsung juga dapat menjadi wahana pembelajaran untuk membentuk sikap, tanggungjawab, ketelitian, fokus, sabar, serta disiplin pada diri, untuk itu saya berharap kepada seluruh peserta dan hadirin sekalian agar memanfaatkan kesempatan ini sebagai sarana untuk saling mengenal dan bertukar informasi tentang segala hal terutama yang berkaitan dengan seni budaya nasional khususnya membatik dengan canting sesuai ciri khas batik daerah masing-masing.

Hal ini perlu kita sadari bersama bahwa melalui kegiatan membatik dengan canting dapat menjaga tali silaturahmi, komunikasi dan koordinasi yang baik tentu akan dapat membangun kebersamaan dan kekeluargaan antara Ibu-Ibu dengan masyarakat sekitar untuk bersama-sama turut bertanggung jawab terhadap tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan dapat menjadi contoh bagi instansi lain untuk melaksanakan kegiatan serupa, demikian harap Ibu Ketua Dharma Pertiwi.

Setelah acara pembukaan, kegiatan membatik massal dimulai ditandai dengan pemukulan Gong oleh Ibu Ketua Dharma Pertiwi Daerah “J” didampingi oleh Ibu Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ibu Ketua Jala Sena Stri dan Ibu Ketua Via Ardya Garini. Selanjutnya para peserta yang terdiri dari Ibu-ibu Persit kartika Chandra Kirana, Jala Sena Stri dan Via Ardya Garini mulai membatik sesuai dengan kelompoknya masing masing dengan peralatan membantik yang sudah disiapkan dipandu oleh tutor membatik dari Bidadari Batik.

Hadir pada kegiatan tersebut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, didampingi oleh para pejabat teras Kodam IX/Udayana antara lain, Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Para Perwira Staf Ahli Pangdam, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO-AL, LO-AU, para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana dan sejumlah undangan lainnya. (cb)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close