Hadiri HUT ST Tri Cakti Br. Adat Angantiga Bupati Ajak ST Laksanakan Konsep Tri Hita Karana

Badung, Cahaya Bali – Sekaa Teruna (ST) Tri Cakti Banjar Adat Angantiga, Desa Petang merayakan HUTnya yang ke-41, Minggu (10/6) di Wantilan Banjar Adat Angantiga. Acara tersebut dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Bagus Alit Sucipta, unsur Tripika Kecamatan Petang, Perbekel Desa Petang, Kelian Dinas, Adat dan tokoh Kampung Islam Angantiga. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan apresiasi dan dukungan kepada sekaa teruna khususnya ST Tri Cakti Angantiga.

Menurutnya sekaa teruna sebagai kaum millenial yang ada sekarang ini, kedepannya akan mengarah kepada kaum millenial yang digital. Untuk itu Bupati sangat mendukung sepenuhnya kegiatan sekaa teruna, baik itu sportipitasnya, termasuk bidang seni, adat dan budaya.

Bupati mengajak sekaa teruna melaksanakan kegiatan yang mengacu pada konsep Tri Hita Karana. “Tri itu tiga, hita itu bahagia, karana itu sebab. Tri hita karana, tiga sebab yang membuat kita bahagia, yang terdiri dari parhyangan, pawongan dan palemahan,” kata Bupati.

Bidang Parhyangan, sekaa teruna dapat melaksanakan kegiatan mereresik, pasang wastra saat pujawali di pura. Pawongan, dan palemahan bagaimana sekaa teruna dapat menjaga hubungan baik antara sesama dan menjaga lingkungannya dengan baik. “Tri Hita Karana muncul di Bali pada tahun 1968 dan agama Hindu disahkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1958. Tri hita karana berasal dari kitab suci weda dan dicetuskan oleh I Gusti Ketut Kaler dari Banjar Tengah, desa adat Blahkiuh,” ungkap Giri Prasta.

Guna mendukung kegiatan HUT ST tersebut, Bupati menyerahkan bantuan berupa bleganjur dan semar pegulingan secara simbolis dan bantuan uang sebesar Rp. 20 juta dari Dinas Kebudayaan, serta Rp. 10 juta bantuan pribadi Bupati Giri Prasta dan Rp. 5 juta dari I Bagus Alit Sucipta.

Ketua Panitia HUT ST Tri Cakti, I Kadek Sukadana mengucapkan banyak- banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Badung dan atas program – program Pemkab Badung khususnya dalam mendukung kegiatan kepemudaan dalam melaksanakan program-program Sekaa Teruna. Suport dari pemerintah ini sangat dirasakan sehingga sekaa teruna dapat meningkatkan sradha dan bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam bentuk ngaturang ayah di lingkungan Desa Adat.

Sebelum puncak HUT ST Tri Cakti ke-41, telah diadakan kegiatan seperti jalan santai, bersih – bersih di lingkungan tempat suci Banjar Adat Angantiga dan lomba – lomba diantaranya membuat Canang Sari dan Kwangen, Pancak,Tri Sandya, Nyurat Aksara Bali, dan lainnya. Kegiatan ini menghabiskan dana sebesar Rp 32.585.000.

Dalam kesempatan ini, Perbekel Desa Petang I Wayan Suryantara juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Badung untuk memberikan semangat dan dorongan yang begitu bermanfaat bagi generasi muda penerus bangsa. Diharapkan HUT ini agar bermanfaat bagi generasi muda dan masyarakat, serta sekaa turuna dapat menjadi contoh yang baik dilingkungan keluarga dan masyarakat umum.

Selain itu dapat melaksanakan kegiatan positif dan menjauhkan diri dari pergaulan bebas, obat- obatan telarang, minuman – minuman keras, Narkoba, Narkotika dan lain – lainnya yang bisa menyebabkan kehancuran bagi kita semua. Dalam kegiatan HUT ST Tri Cakti Banjar Adat Angantiga, Perbekel Petang memberi bantuan sebesar Rp 20 juta. (hum/joh)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close