H-4 Pemudik Jalur Ketapang Gilimanuk Mulai Membludak

Ade Kurnia - 03 Juli 2016 - 321 viewer
Banyuwangi, cahayabali.com - Arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, terpantau padat. Ribuan calon penumpang yang membawa kendaraan roda dua dan roda empat mulai padati Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Untuk mengurai penumpukan kendaraan di area Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang, menambah trip pelayaran. Masing-masing kapal menyeberang di Selat Bali.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang M Yusuf Hadi mengatakan, sebelumnya total pelayaran di Selat Bali ada 357 trip. Kini trip ini meningkat menjadi 460 trip.

"Jika kondisi normal masing-maing kapal 8 trip tapi sekarang menjadi 9-10 trip dan total dari 357 trip jadi 460 trip. Penambahan trip pada angkutan lintas Selat Bali ini juga diberlakukan untuk kelancaran arus mudik. Kami mengoperasikan 32 KMP dengan menyiapkan 14 dermaga di dua pelabuhan Jawa dan Bali lintas Selat Bali," jelas pria yang akrab disapa Yusuf ini saat ditemui cahayabali.com di ruang kerjanya, Sabtu (2/7/2016).

Tak hanya penambahan trip, sambung Yusuf, peningkatan jumlah penumpang juga terpantau dari data manifest. Data yang tercatat dari PT ASDP, sebanyak 386 ribu penumpang telah diseberangkan dari Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

"Dari jumlah tersebut tercatat 54 ribu kendaraan roda 2 dan 61 ribu kendaraan roda 4 empat," katanya.

Peningkatan arus mudik dari Bali menuju Pulau Jawa diprediksi akan terus mengalami peningkatan hingga H-2 mendatang.

"Kami memaksimalkan sumber daya yang ada karena sebelumnya pemeriksaan dari syahbandar bisa memakan waktu 45 menit sampai 54 menit," tambah dia.




Beri Komentar



Masukkan 6 kode diatas)