SMA N 2 Tabanan Gondol Piala Bergilir Bupati Tabanan
IPSI Tabanan Cup Ditutup
Nanta - 28 April 2017 - 153 Pembaca

Tabanan, cahayabali.com - IPSI Tabanan Cup yang berlangsung selama empat hari dari selasa (25/4) sampai jumat (28/4), secara resmi ditutup oleh Ketua Koni Tabanan, I Dewa Gede Ari Wirawan, jumat (28/4).

Pada kesempatan tersebut Ketua Panitia IPSI Tabanan Cup, I Ketut Westra mengatakan, selama empat hari berlangsung kejuaraan IPSI Tabanan Cup berlangsung dengan aman dan lancar dengan antusias peserta yang luar biasa. Adapun hasil dari kejuaraan yang berlangsung selama empat hari, untuk tingkat SD juara umum 1 diraih oleh Kecamatan Marga yan berhak atas piala tetap dan piala bergilir IPSI Tabanan, dengan perolehan medali 7 emas, dan 2 perak. Juara umum 2 diraih oleh Kecamatan Pupuan dengan perolehan medali 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Sedangkan untuk juara umum 3 diraih oleh Kecamatan Tabanan dengan perolehan medali 1 emas, 1 perak dan 5 perunggu. Sedangkan untuk Tingkat SMP, juara umum 1 diraih oleh SMP N 3 Tabanan yang berhak atas piala tetap dan piala bergilir KONI Tabanan, dengan perolehan medali 4 emas, 1 perak dan 3 perunggu. Untuk juara umum 2 diraih oleh SMP N 2 Tabanan, dengan perolehan medali 3 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Sedangkan juara umum 3 diraih oleh SMP N 4 Kediri, dengan perolehan medali 3 emas dan 2 perunggu. Sedangkan Untuk tingkat SMA juara umum 1 diraih oleh SMA N 2 Tabanan, yang berhak atas piala tetap dan piala bergilir Bupati Tabanan, dengan perolehan medali 7 emas dan 4 perunggu. Juara umum 2 diraih oleh SMA N 1 Kediri yang berhak atas piala tetap dengan jumlah medali 3 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Sedangkan juara umum 3 diraih oleh SMK N 2 Tabanan yang berhak atas piala tetap dengan jumlah medali 2 emas dan 2 perunggu. " Dari hasil tersebut maka piala bergilir Bupati Tabanan diraih oleh SMA N 2 Tabanan, piala bergilir Koni Tabanan diraih oleh SMP N 3 Tabanan, dan piala bergilir IPSI Tabanan diraih oleh Kecamatan Marga," jelasnya.

Ditambahkan Westra, selain diberikan diberikan pengahargakan kepada para juara dimasing-masing kelas ditiap tingkatan. Pada kejuaraan ini diberikan penghargaan bagi pesilat terbaik putra dan putri di masing-masing tingkatan. Untuk tingkat SD pesilat terbaik Putra jatuh pada I Kadek Dedi Artawan dari Kecamatan Pupuan, sedangkan untuk pesilat terbaik putri diraih oleh Ni Luh Dwi Susanthi dari Kecamatan Marga. Untuk tingkat SMP pesilat terbaik putra diraih oleh I Gusti Komang Duta Mahesa dari SMP N 3 Tabanan, untuk pesilat terbaik putri diraih oleh Ketut Alit Widiari dari SMP N 4 Kediri. Sedangkan untuk tingkat SMA pesilat terbaik putra diraih oleh Fahad Levin SKY Hisbulah dari SMA N 2 Tabanan, sedangkan untuk pesilat terbaik putri diraih oleh Ni Made Wiwin Yulandari dari SMA N 1 Kediri .

Sementara itu Ketua IPSI Tabanan, I Putu Eka Putra Nurcahyadi mengatakan, target pertama IPSI Tabanan Cup yang baru pertama kali digelar ini adalah berjalan dengan baik, aman dan lancar. Menurutnya semuanua itu berkat sportivitas dari para peserta sendiri. Kedepan kejuaraan IPSI Tabanan Cup ini akan rutin digelar tiap tahun dan menjadi ajang bergengsi dalam memperebutkan juara bergilir dari setiap juara umum. " Ini akan menjadi acara rutin yang akan diselenggarakan setiap tahun dalam memperebutkan piala bergilir," ungkapnya.

Ditambahkan Eka, dari hasil kejuaraan ini nantinya para juara akan mewakili Kabupaten Tabanan pada Porjar Bali bulan juni mendatang di Denpasar. Diharapkan nanti para juara ini nantinya bisa memberikan prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Tabanan di Porjar besok. Selain itu menurut Eka target dari IPSI Tabanan selain mencetak bibit-bibit atlet berprestasi, dari IPSI Tabanan juga memiliki target agar setiap sekolah yang ada di Tabanan memasukan olahraga Pencak Silat kedalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. " Target kita kedepan kita ingin agar semua sekolah yang ada di Tabanan memasukan Pencak Silat dalam kegiatan ekstrakulikuler. Sehingga nanti akan tumbuh bibit-bibit baru beprestasi di Tabanan yang nantinya akan dipersiapkan baik di Porjar bahkan untuk Porprop," tandasnya.

Sementara itu Ketua KONI Tabanan, I Dewa Gede Ari Wirawan saat menutup IPSI Tabanan Cup mengungkapkan, kejuaraan yang merupakan ajang seleksi untuk mencari atlet untuk dipertandingkan di Porjar nanti agar di laksanan berkelanjutan rutin digelar tiap tahun. " Kita harapkan IPSI Tabanan Cup ini tidak hanya hari ini saja namun bisa rutin digelar tiap tahun. Dimana Melalui ajang seperti merupakan ajang untuk menseleksi atlet-atlet andalan di Tabanan, yang nantinya mampu memberikan prestasi bagi Kabupaten Tabanan diajang yang lebih tinggi," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut salah satu pelatih dari kontingen SMA N 2 Tabanan yang merupakan peraih juara umum 1 untuk tingkat SMA, I Ketut Suandi mengungkapkan, dimana IPSI Tabanan Cup ini agar rutin digelar tiap tahun, dengan ajang seperti ini akan memberikan pelajaran baru bagi atlet dalam rangka mengukur kemampuan dirinya. Menurutnya sebagai peraih juara umum untuk tingkat SMA memberikan motivasi untuk melatih atlet-atletnya didalam mempertahankan gelar juara umum sehingga tahun depan juara umum 1 tidak sampai pindah ke sekolah lain. " Kami dari SMA N 2 tabanan akan berupaya untuk mempertahankan gelar juara umum 1 di IPSI Tabanan Cup tahun Depan," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh pelatih SMP N 3 Tabanan, I Gusti Agung Ari wirwan Wetan, sebagai peraih juara umum 1 di tingkat SMP ini merupakan tanggung jawab yang besar untuk tetap mempertahankannya pada kejuaraan berikutnya. Menurutnya pada tahun ini ada dua atletnya peraih emas pada IPSI Tabanan Cup ini yang akan naik ke tingkat SMA, sehingga SMP N 3 Tabanan akan kehilangan dua atlet andalannya. Menurutnya ini tugas yang berat didalam mencetak atlet yang berprestasi berikutnya. " Kita akan berupaya untuk tetap mempertahankan juara umum 1 untuk tingkat SMP, meskipun tahun ini kita akan kehilangan dua atlet andalan kita, karena mereka akan naik jenjang ke tingkat SMA," jelasnya. (Jingga)


Beri Komentar



Masukkan 6 kode diatas)